Upacara Sumpah Pemuda SMK NEGERI 5 Jember

Hello Kalibers!

95 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, pemuda dari seluruh penjuru nusantara bersatu dalam Sumpah Pemuda untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kongres pemuda yang diusulkan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda dengan anggota pelajar dari seluruh Indonesia. Kongres tersebut diadakan dua kali, yakni pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928.

Pada kongres kedua pada 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda diumumkan oleh para pemuda. Pernyataan Sumpah Pemuda tersebut dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kejadian tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Hari Sumpah Pemuda, yang kita peringati setiap tanggal 28 Oktober.
Adapun sumpah yang dihasilkan oleh kongres pemuda ini antaralain:

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Dengan mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia,” untuk mencerminkan semangat persatuan, peringatan hari sumpah pemuda tahun 2023 ini diperingati oleh seluruh lembaga maupun sekolah yang ada di Indonesia, tak terkecuali SMKN 5 Jember.

Dipimpin oleh Ibu kepala SMKN 5 Jember Dra. Hj. Priwahyu Hartanti, M.Pd, beserta wakil kepala sekolah, serta bapak/ibu guru dan karyawan, dengan khidmat melaksanakan upacara hari ini diikuti oleh seluruh siswa/wi Kaliber.

Pada kesempatan ini pula ibu kepala sekolah juga memberikan hadiah lomba puisi peringatan hari sumpah pemuda ke 95, kepada para juara antara lain: 1. Rini Aprilini Maulidia XI PMT, judul (PILON), 2. Dhiyaa Rihhadatul Aisya XI AHP 1, judul (Sajak Singkatku tuk Indonesia), 3. Muhammad Firman Hassan XI AHP 3, judul (Indonesiaku) dan juara mural hari jadi jawa timur ke 78.

We are Kaliber…!

☆ Sekolah Para Millenial, Masa Depan Pertanian Indonesia ☆

SMK…Bisa..!
SMK…Hebat..!

SMK Negeri 5 Jember…Bisa hebat…Amazing…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *