Introducing Industrial 4.0 Concept in Food and Beverage Sector

Hello Kalibers!

Revolusi Industri 4.0, dewasa sudah menjadi keniscayaan bagi kita semua, selain membawa efek yang besar terhadap berbagai macam bidang usaha termasuk usaha food and beverage, bidang penting karena menyangkut kebutuhan dasar manusia, para pelaku usaha F&B terus berinovasi untuk tetap bertahan di era industri 4.0

Dalam menjawab tantangan global ini, khususnya menyasar pada pendidikan vokasi, khususnya Sekolah Kejuruan (SMK), Direktorat SMK Kemendikbudristek Republik Indonesia bekerjasama dengan Korea Research Institute for Vocational Education and Training (KRIVET) menghelat Webinar Internasional yang dengan tema Introducing Industrial 4.0 Concept in Food and Beverage Sector yang disiarkan melalui kanal online youtube.

Webinar internasional ini dilaksanakan pada hari kamis, 5 Oktober 2023, pukul 09.00 WIB, diawali dengan opening remaks dari Bapak. DR. Wardani Sugiyanto, M.Pd Direktur Sekolah Kejuruan, Kemdikbudristek RI, dan menghadirkan 5 expertise antara lain, Dr. Young Saing Kim dari Korean Research Institute of Vocational Education and Training, Prof. Seungik Lee (Honam University, Gwangju-Korea), Eskawati Musyarofah Bunyamin, S.Si, M.Pd (BSSNP), Noor Arifandie Febrianto, Ph.D, (ICCRI) dan yang terakhir adalah kebanggaan kita semua di SMKN 5 Jember, Ibu Diana Mahfiatus Salimah, S.TP, MP.

Giat yang berlangsung secara trilingual ini, menjadi semakin menarik, tatkala dalam paparannya menyuguhkan berbagai elaborasi data, konsep, maupun pengalaman dari para narasumber sesuai bidang masing-masing, sehingga dapat menemukan garis merah akan gambaran basic needed, serta kesiapan khususnya sekolah menengah kejuruan, diseluruh Indonesia di era 4.0.

Antusiasme para peserta webinar, juga sangat kentara sekali terlihat pada saat dibukanya sesi tanya jawab oleh ibu Tri Haryani, S.Pd (Direktorat SMK), terkait tema webinar yang disajikan, yang langsung di tuliskan oleh para peserta melalui kolom komentar pada laman youtube webinar.

Sampai menjelang berakhirnya webinar, pembawa acara ibu Agricythia Pratiwi Dharma, S.Ikom, mengisyaratkan akan adanya kunjungan langsung dari KRIVET ke Kemendikbudristek RI, untuk menindaklanjuti webinar internasional ini di waktu yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *